25 December 2011

SEBAB, MAKSUD DAN TUJUAN AKHIR


Segala obyek bergerak sesuai sedemikian rupa karena memiliki keterarahan. Maksud atau tujuan dari berbagai realitas sedemikian penting daripada sekadar melihat fakta-fakta fisik. Manusiapun selalu mengarah pada tujuan. Di dalam diri manusia terdapat maksud dan tujuan yang disadari.

Ada suatu kepekaan tertentu pada saat berbagai tujuan kita dibelokkan ke suatu titik atau tujuan yang lebih rendah. Jika hidup tanpa ada tujuan tertinggi yang ada di dalam pikiran, maka hidup akan berputar-putar pada satu lingkaran. Sejauh semua tujuan hanya berhenti pada dirinya sendiri, seseorang sesungguhnya hanya akan mendapatkan kekosongan belaka. Meskipun sebuah kemajuan terjadi terus menerus jika tidak sampai pada tujuan akhir adalah tanpa arti.

Jadi, lakukanlah apa yang seharusnya Anda lakukan, dalam kondisi yang tepat, demi orang-orang yang selayaknya dibantu, dan demi tujuan akhir serta cara-cara yang seharusnya digunakan, atau berbuat apa yang seharusnya dibuat dalam situasi tertentu dan dengan cara yang semestinya.

No comments:

Post a Comment