24 January 2014

BAB SIFAT PARA PENGGENGGAM RAHASIA



Hati orang-orang yang sudah tercerahkan adalah kubur bagi rahasia yang terpendam. Rahasia di sini maksudnya adalah pengetahuan dari segala sesuatu yang bersifat noumena bukan fenomena; yang substansial bukan eksistensial; yang bersifat hakikat. Sungguh tidak mudah bagi kita menemukan orang-orang yang tercerahkan seperti ini karena biasanya mereka malah memendam rahasia-rahasia yang telah diketahuinya itu dan punya sifat menyendiri dari pergaulan manusia.
Jadi bagaimanakah jelasnya sifat orang-orang seperti itu? Jawabnya, mereka adalah orang yang Kā`in dan Bā`in. Artinya adalah orang yang bergaul dan kelihatan sama di antara makhluk Allah akan tetapi pada hakekatnya mereka sangat berbeda karena rahasia-rahasia pengetahuan yang mereka miliki. Mereka berpakaian sebagaimana orang lain berpakaian dan makan sebagaimana orang lain makan akan tetapi mereka mempunyai perasaan selalu terkucil dari pergaulan dan sulit menyesuaikan diri dengan sesamanya sebab karena menanggung amanah rahasia-rahasia tersebut.
Merekalah pemegang pengetahuan haqq al-yaqīn, sebuah pengetahuan yang berasal dari pencandraan secara langsung dan tidak membutuhkan pembuktian. Berbeda dengan pengetahuan ilmu al-yaqīn yang membutuhkan pembuktian empiris dan ain al-yaqīn pengetahuan yang membutuhkan pembuktian data.
Berkaitan dengan sifat-sifat ini Abu Hatim al-A’raj menulis kepada al-Zuhri: Ketahuilah, ada beberapa kemuliaan dari Allah yang diberikan pada makhluknya. Di antaranya adalah kemuliaan yang diberlakukan dan diberikan pada para kekasihnya. Mereka adalah sosok-sosok yang tidak dikenal oleh publik dan kepribadian mereka tidak teridentifikasi dengan jelas. Sifat-sifat mereka adalah sebagaimana digambarkan oleh Rasulullah SAW berikut ini, “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang tersembunyi (al-akhfiyā`), orang-orang yang bertakwa (al-atqiyā`) dan orang-orang yang baik (al-abriyā`). Ketika mereka tidak hadir tidak ada orang yang mempertanyakan keberadaannya dan ketika mereka hadirpun tidak ada yang mempedulikannya. Apa yang ada dalam hati-hati mereka merupakan pelita petunjuk dalam kegelapan. Mereka itulah segolongan orang yang terselamatkan dari setiap fitnah yang mencekam”.

No comments:

Post a Comment